Berikut ini adalah contoh soal ujian sekolah US/USBN mata pelajaran bahasa Indonesia tingkat SD dan MI kelas 6 terbaru lengkap dengan kunci jawaban. Soal US Bahasa Indonesia tingkat SD tahun ajaran 2017/2018 ini berdasarkan kisi-kisi dan kurikulum 2013 (K13) sehingga dapat memudahkan sekaligus pembelajaran dan persiapan untuk menghadapi soal-soal ujian sekolah (US).
Soal US Bahasa Indonesia SD/MI 2018
Materi soal ujian sekolah didapat dari soal harian, soal try out, buku paket pelajaran bahasa Indonesia, soal ujian (US) tahun sebelumnya yang dapat kalian pelajari agar dapat membantu dalam menjawab soal-soal ujian bahasa Indonesia yang sebentar lagi akan dilaksanakan.
Dibawah ini adalah Soal US Bahasa Indonesia dengan jumlah 50 soal pilihan ganda dan kunci jawaban dimana soal pertanyaan dan soal isian singkat tidak ada dalam setiap ujian USBN.
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1–4!Listrik untuk Kehidupan
Kita memerlukan energi listrik untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Namun, energi listrik merupakan salah satu sumber daya yang terbatas. Meskipun Indonesia memiliki banyak sumber pembangkit listrik, penggunaan energi listrik harus tetap dihemat. Hal tersebut dikarenakan energi listrik yang dihasilkan belum mampu mencukupi seluruh kebutuhan negara terhadap listrik. Akhirnya, program pemadaman bergilir pun dilakukan pemerintah di beberapa wilayah sebagai upaya pemerataan pemakaian energi listrik.
Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membantu pemerintah dalam menghemat energi listrik. Misalnya, mematikan lampu saat akan tidur dan mematikan televisi jika tidak ditonton.
Mematikan barang elektronik setelah digunakan dapat memberikan dampak besar bagi orang lain. Saat kita menghemat pemakaian energi listrik, listrik tersebut dapat disalurkan ke daerah lain yang belum mendapat atau kekurangan pasokan energi listrik. Dengan demikian, kita juga turut membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan energi listrik.
1. Kalimat utama paragraf ketiga adalah.........
A. Mematikan barang elektronik setelah digunakan dapat memberikan dampak besar bagi orang lain.
B. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membantu pemerintah dalam menghemat energi listrik.
C. Kebiasaan menghemat energi listrik dapat berdampak besar dalam kehidupan.
D. Kita hanya perlu menghemat energi listrik untuk membantu pemerintah.
2. Ide pokok paragraf pertama adalah.........
A. Pentingnya listrik dalam kehidupan manusia.
B. Meningkatnya peran listrik untuk kehidupan.
C. Dasar diterapkannya pemadaman bergilir.
D. Menumbuhkan sikap menghemat listrik.
A. Mematikan barang elektronik setelah digunakan dapat memberikan dampak besar bagi orang lain.
B. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membantu pemerintah dalam menghemat energi listrik.
C. Kebiasaan menghemat energi listrik dapat berdampak besar dalam kehidupan.
D. Kita hanya perlu menghemat energi listrik untuk membantu pemerintah.
2. Ide pokok paragraf pertama adalah.........
A. Pentingnya listrik dalam kehidupan manusia.
B. Meningkatnya peran listrik untuk kehidupan.
C. Dasar diterapkannya pemadaman bergilir.
D. Menumbuhkan sikap menghemat listrik.
3. Simpulan paragraf ketiga adalah.........
A. Persediaan listrik belum mencukupi untuk beberapa wilayah di Indonesia.
B. Mematikan lampu saat akan tidur merupakan salah satu upaya menghemat listrik.
C. Pemerataan pemakaian energi listrik merupakan faktor dilakukannya pemadaman bergilir.
D. Menghemat listrik sebagai upaya menolong orang lain dalam memenuhi kebutuhan energi listrik.
C. Pemerataan pemakaian energi listrik merupakan faktor dilakukannya pemadaman bergilir.
D. Menghemat listrik sebagai upaya menolong orang lain dalam memenuhi kebutuhan energi listrik.
4. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf pertama adalah.........
A. Salah satu cara menghemat listrik adalah mematikan barang elektronik.
A. Salah satu cara menghemat listrik adalah mematikan barang elektronik.
B. Listrik dapat dibangkitkan dengan tenaga surya dan tenaga angin.
C. Penyebaran pembangkit listrik masih belum merata.
D. Listrik merupakan sumber daya yang terbatas.
Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!
Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Virus tersebut menyerang saluran pernapasan sehingga mengakibatkan sakit tenggorokan. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu meringankan rasa sakit, minumlah air hangat yang diberi perasan lemon dan madu.
5. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah . . .
A. Berapa banyak takaran lemon dan madu yang diperlukan untuk meringankan rasa sakit?
B. Siapa yang dapat menangani virus yang menyerang saluran pernapasan?
C. Apa yang dilakukan untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan?
D. Bagaimana cara mencegah penyakit tenggorokan?
6. Bagaimana cara mengurangi rasa sakit di tenggorokan?
A. Minum air hangat dicampur air perasan lemon dan madu.
B. Membasuh tenggorokan menggunakan air perasan lemon.
C. Meminum madu dicampur dengan lemon secukupnya.
D. Mengompres bagian tenggorokan dengan air hangat.
A. Minum air hangat dicampur air perasan lemon dan madu.
B. Membasuh tenggorokan menggunakan air perasan lemon.
C. Meminum madu dicampur dengan lemon secukupnya.
D. Mengompres bagian tenggorokan dengan air hangat.
7. Bacalah paragraf berikut!
Taman nasional merupakan kawasan konservasi yang dimanfaatkan untuk melestarikan serta melindungi hewan dan tumbuhan langka. Taman nasional berfungsi untuk mempertahankan habitat asli hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya, sehingga ekosistem yang terbentuk tetap terjaga. Keberadaan taman nasional dapat mengendalikan perburuan hewan liar yang kerap dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, konflik lingkungan yang kerap terjadi antara manusia dan hewan liar dapat dihindari.
Hal yang mungkin terjadi jika tidak ada taman nasional adalah.........
A. hewan dan tumbuhan langka tetap terjaga kelestariannya dan semakin banyak jumlahnya seiring dengan kepedulian manusia terhadap keberadaan hewan dan tumbuhan langka
B. terjadi konflik lingkungan antara hewan dan manusia yang disebabkan oleh rusaknya ekosistem dan habitat asli hewan tersebut
C. pemburu hewan langka akan dijerat hukuman yang setimpal karena telah merusak ekosistem dan habitat asli hewan langka
D. banyak wisatawan yang datang berkunjung dan ikut berperan dalam melestarikan hewan dan tumbuhan langka
8. Bacalah ilustrasi berikut!
SD Pertiwi mengadakan penggalangan dana untuk membantu korban banjir di Garut. Kepala sekolah mengimbau setiap siswa untuk memberikan sumbangan berupa uang atau sembako secara sukarela. Setelah sumbangan terkumpul, pihak sekolah menghitung jumlah uang dan menimbang sembako. Sumbangan berupa uang terkumpul sebesar Rp2.350.000,00. Sumbangan beras terkumpul 50 kg. Sumbangan gula terkumpul 35 kg. Sumbangan telur terkumpul 12 kg. Sumbangan minyak goreng terkumpul 28 kg.
Perhatikan tabel yang memuat informasi penting dari ilustrasi tersebut.
Informasi yang tepat untuk melengkapi tabel tersebut adalah.........
A. (a) 35 kg, (b) 12 kg, dan (c) 50 kg
B. (a) 50 kg, (b) 35 kg, dan (c) 12 kg
C. (a) 50 kg, (b) 12 kg, dan (c) 28 kg
D. (a) 50 kg, (b) 12 kg, dan (c) 35 kg
9. Bacalah paragraf berikut!
Manusia merupakan makhluk sosial yang hidup berdampingan dengan anggota masyarakat lainnya. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu kewajiban manusia dalam bermasyarakat. Melaksanakan kewajiban menjaga kebersihan dapat memelihara hubungan antarmasyarakat. Menjaga kebersihan lingkungan berarti menghargai hak orang lain untuk mendapatkan kenyamanan tinggal di lingkungan yang bersih. Oleh karena itu, diperlukan sikap peduli, tanggung jawab, dan tenggang rasa untuk mewujudkan kebersihan lingkungan. Sinonim kata yang dicetak tebal adalah.........
A. mengacuhkan
B. mengabaikan
C. memperbaiki
D. mengetahui
10. Bacalah percakapan berikut!
Yusuf : Nis, kamu sudah membaca pengumuman?
Nisa : Pengumuman tentang apa, Suf?
Yusuf : Sekolah kita akan mengadakan persami pada tanggal 22 April 2018.
Nisa : Wah, pasti seru! Memangnya dalam rangka apa sekolah kita mengadakan kegiatan tersebut, Suf?
Yusuf : Kegiatan persami diadakan untuk memperingati Hari Bumi, Nis. Tujuannya agar kita peduli terhadap lingkungan dan menyatu dengan alam.
Nisa : Aku jadi tidak sabar ingin ikut persami bersama teman-teman.
Yusuf : Ya, aku juga sudah tidak sabar ingin mengikuti persami itu.
Topik percakapan di atas adalah.........
A. Nisa tidak membaca pengumuman di mading sekolah karena saat itu banyak teman-teman yang melihat pengumuman.
B. Yusuf menyampaikan pengumuman kepada Nisa tentang persami yang akan dilaksanakan oleh sekolah.
C. Tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi, sehingga perlu diadakan kegiatan alam.
D. Rencana persami yang akan dilaksanakan pada bulan April 2017 di bumi perkemahan.
11. Bacalah teks laporan berikut!
Dalam satu tahun terakhir, SD Melati mendapatkan banyak penghargaan. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan sertifikat kantin sehat sekolah terbaik tingkat provinsi. Dinas Olahraga juga memberikan medali emas cabang karate. Selain itu, tim tari sekolah juga mendapatkan piala dari Gubernur. Beberapa siswa juga berhasil meraih gelar siswa kreatif pada lomba kreativitas pelajar. Penghargaan tersebut tidak diperoleh dengan mudah. Kerja keras dan latihan rutin yang dipandu oleh guru-guru yang berkompeten, serta dukungan orang tualah yang menjadi faktor utama kesuksesan mereka. Tidak heran bila sekarang SD Melati menjadi sekolah favorit para orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya.
Isi paragraf tersebut yang tepat adalah.........
A. Prestasi dapat diraih dengan kerja keras, latihan, dan dukungan dari semua pihak.
B. Gubernur memberikan penghargaan berupa sertifi kat kepada sekolah berprestasi.
C. Guru-guru yang kompeten selalu berlatih rutin untuk mendapatkan penghargaan.
D. Sekolah mendapatkan banyak penghargaan karena kerja keras beberapa siswa.
Bacalah paragraf instruksi berikut untuk menjawab soal nomor 12–14!
Para petani di Desa Permai mengalami gagal panen disebabkan sawah mereka dilanda
Hama wereng. Selain itu, air sungai sering meluap karena pendangkalan dan saluran air Yang tersumbat sampah. Akibatnya, sawah yang siap panen terendam air selama berhari-hari. Oleh karena itu, Kepala Desa mengimbau para petani untuk rajin menyemprotkan cairan pembasmi hama agar wereng tidak lagi datang. Kepala Desa juga mengingatkan agar warga harus menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.
12. Tanggapan yang sesuai dengan paragraf instruksi tersebut adalah.........
A. Warga sebaiknya tidak membuang sampah di sungai, karena akan merugikan para petani jika air sungai meluap dan menggenangi sawah.
B. Warga tidak perlu melakukan penanaman padi kembali untuk mengganti kegagalan panen yang tengah dialami.
C. Kepala Desa sebaiknya membelikan cairan pembasmi hama untuk seluruh petani di Desa Permai.
D. Warga sebaiknya beralih pada penanaman singkong dan ubi di ladang.
13. Makna kata bercetak tebal adalah.........
A. proses sungai menjadi dangkal
B. keadaan sungai yang dangkal
C. perlu mendangkalkan sungai
D. keadaan sungai yang dalam
14. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf instruksi tersebut adalah.........
A. Kepala Desa bersedia menyediakan cairan pembasmi hama.
B. Para warga melakukan demonstrasi untuk menuntut kebijakan.
C. Para warga beralih mendaur ulang sampah daripada membuangnya.
D. Kepala Desa memberi imbauan kepada warga untuk mengusir hama dan menjaga kebersihan.
15. Bacalah teks penjelasan berikut!
Sepulang sekolah, kamu sebaiknya langsung pulang ke rumah. Jika ingin pergi ke tempat lain, mintalah izin terlebih dahulu kepada orang tua atau guru. Berhati-hatilah saat berada di jalan menuju rumah. Berjalanlah di trotoar agar lebih aman. Sesampainya di rumah, ucapkan salam agar orang-orang di dalam rumah mengetahui kedatanganmu.
Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah.........
A. Bel pulang sekolah berbunyi pada siang hari pukul 13.00.
B. Meminta izin sebaiknya dilakukan sebelum bepergian.
C. Menyeberang jalan raya lebih aman di zebracross
D. Trotoar ada di sebelah kanan dan kiri jalan raya.
16. Bacalah kutipan teks pidato berikut!
Pada kesempatan kali ini, atas nama sekolah, saya mengucapkan selamat kepada ananda Fadila yang telah berhasil menjadi juara Olimpiade Matematika Tingkat Nasional. Saya berharap ananda Fadila tetap rendah hati dan semangat meraih cita-cita. Mudah-mudahan, prestasi dari ananda Fadila ini akan terus berlanjut dan dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswa lain untuk berprestasi dan membanggakan orang tua.
Isi kutipan pidato tersebut adalah.........
A. Ucapan selamat dan doa atas keberhasilan Fadila menjadi juara Olimpiade Matematika Tingkat Nasional.
B. Ucapan selamat datang kepada Fadila yang baru saja pulang mengikuti Lomba Olimpiade Matematika Tingkat Nasional.
C. Kepala Sekolah mengajak seluruh warga sekolah untuk mengikuti jejak Fadila menjadi juara Olimpiade Matematika Tingkat Nasional.
D. Kepala sekolah meminta seluruh siswa giat belajar untuk mengikuti Olimpiade Matematika Tingkat Nasional seperti yang dilakukan Fadila.
17. Bacalah paragraf berikut!
Lingkungan merupakan bagian dari kehidupan kita. Kita melakukan semua kegiatan di lingkungan. Oleh karena itu, kita berkewajiban menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Marilah kita menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah di tempatnya. Kita tidak boleh membuang sampah di saluran air atau sungai. Selain itu, kita juga harus rajin melakukan kerja bakti bersama warga lain untuk membersihkan lingkungan.
Jenis paragraf tersebut adalah.........
A. eksposisi
B. deskripsi
C. persuasi
D. narasi
18. Bacalah paragraf berikut!
Devi tinggal bersama ibunya di Kota Kalimantan Timur. Ayah Devi tinggal di Ibu Kota Sumatera Barat dan bekerja sebagai teknisi di pertambangan batu bara. Devi dan ibunya hanya dapat bertemu ayah enam kali dalam satu tahun. Devi akan mengikuti kejuaraan bulu tangkis tingkat nasional di Solo. Devi ingin menelepon ayahnya ke nomor 894573 untuk hadir dalam kejuaraan tersebut. (Kode nomor telepon Surabaya 031, Solo 0271, Padang 0751, Banjarmasin 0511).
Angka pada telepon yang harus ditekan Devi untuk menghubungi ayahnya adalah.........
A. 0271-894573
B. 0751-894573
C. 0511-894573
D. 031-89457319.
Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Beberapa wilayah di Indonesia dilanda bencana banjir. Hampir setiap tahun bencana tersebut datang. Salah satu penyebab banjir adalah penebangan hutan secara berlebihan. Padahal pohon-pohon tersebut memiliki peran yang sangat penting, yaitu sebagai penyangga tanah dan pengatur keseimbangan air. Melihat keadaan tersebut, pemerintah pun mencanangkan gerakan sejuta pohon. Maksudnya, kita semua diajak untuk menanam berbagai jenis pohon di lingkungan masing-masing.
Teks 2
Pohon di sekitar kita membuat udara menjadi segar. Sebagai contoh, pohon-pohon di tengah kota yang berfungsi sebagai paru-paru kota. Pohon-pohon ini akan menyerap gas karbon dioksida. Sebaliknya, pohon-pohon ini akan menghasilkan gas oksigen yang dibutuhkan manusia. Semakin banyak pohon akan membuat kita semakin sehat. Oleh karena itu, marilah kita jaga pohon yang sudah ada dan kita tanami lingkungan sekitar kita dengan pohon.
Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah...............
A. teks 1 berisi tentang manfaat air bagi pohon, sedangkan teks 2 berisi tentang manfaat pohon bagi manusia
B. teks 1 berisi program penanaman sejuta pohon, sedangkan teks 2 berisi program penanaman beberapa pohon C. teks 1 berisi perilaku manusia yang merusak pohon, sedangkan teks 2 berisi perilaku manusia yang menanam pohon
D. teks 1 berisi manfaat pohon untuk mengatasi banjir, sedangkan teks 2 berisi manfaat pohon sebagai paru-paru kota
20. Bacalah pantun berikut!
Bunga kenanga di atas sumur
Daun suji banyak dimakan gulma
Tiada guna sombong dan takabur
Hanya dapat melukai hati sesama
Isi pantun tersebut adalah...............
A. Orang sombong akan dijauhi dan dikucilkan oleh masyarakat.
B. Memiliki sikap sombong dan takabur dapat menyakiti hati sesama.
C. Sombong adalah sikap membanggakan diri sendiri di hadapan orang lain.
D. Orang yang sombong akan mendapatkan kesialan, karena merugikan orang lain.
Bacalah cerita berikut untuk menjawab soal nomor 21–23!
Musim Layang-layang
Rudi membuka jendela kamarnya. Di luar tampak puluhan layang-layang berwarna-warni beterbangan. Rudi hanya dapat memandangnya saja. Sudah dua hari ini Rudi tidak masuk sekolah karena sakit. Rudi tidak bisa berjalan. Kaki Rudi diperban. Rudi kembali teringat peristiwa dua hari yang lalu. Waktu itu, Rudi bersama teman-temannya sedang mengejar layang-layang yang putus. Rudi terus saja mengejarnya. Rudi berlari sambil mendongakkan kepala ke atas memperhatikan layang-layang. Rudi tidak memperhatikan keadaan sekelilingnya. Rudi terjatuh. Rudi merintih menahan sakit karena kakinya terkilir. Rudi dibantu teman-temannya dan seorang pedagang buah. Rudi pun segera diantar pulang ke rumah.
21. Mengapa Rudi tidak masuk sekolah selama beberapa hari?
A. Rudi tidak mempunyai layang-layang sehingga Rudi tidak bisa bermain bersama teman-temannya di lapangan.
B. Rudi mengikuti teman-temannya mengejar layang-layang yang putus dan melewati jalan raya.
C. Rudi mengalami kecelakaan saat mengejar layang-layang yang menyebabkan kakinya terkilir.
D. Rudi terjatuh saat bermain layang-layang.
22. Watak tokoh Rudi dalam cerita tersebut adalah...............
A. pemberani
B. sombong
C. ceroboh
D. jujur
23. Amanat yang terkandung dalam cerita tersebut adalah...............
A. Kita harus berhati-hati saat bermain.
B. Bermain sebaiknya dihindari karena akan membahayakan diri sendiri.
C. Kita harus tetap berhati-hati di mana saja agar terhindar dari bahaya, terutama saat bermain.
D. Jagalah diri baik-baik saat sedang menjalankan aktivitas di luar maupun di dalam rumah bersama teman-teman.
Bacalah cerita berikut untuk menjawab soal nomor 24–26!
Jambean adalah seorang gadis cantik yang menjelma menjadi keong mas. Seorang nenek tua menemukan Jambean yang berwujud keong mas saat mencari ikan di sungai. Nenek tua itu belum mengetahui wujud asli keong mas. Nenek tua itu hanya tahu bahwa setiap hari di meja makannya selalu tersedia makanan yang lezat. Nenek tua itu penasaran dari mana asal makanan lezat itu. Nenek itu merasa ada yang aneh di rumahnya setelah ia memelihara keong mas.
Suatu hari, nenek sengaja tidak pergi mencari kayu bakar atau berdagang di pasar. Ia ingin mencari tahu yang terjadi di rumahnya. Nenek itu berpura-pura pergi dari rumah, tetapi beberapa waktu kemudian kembali lagi ke rumah dengan diam-diam. Dari arah dapur terdengar suara orang sedang memasak. Nenek itu mengintip dari celah bambu rumahnya dan mendapati seorang gadis cantik sedang menyiapkan makanan. Nenek itu terkejut sambil terbatuk-batuk. Jambean pun terkejut melihat nenek yang masih berada di rumah.
Jambean meminta maaf kepada nenek karena membuatnya terkejut. Jambean juga meminta maaf karena telah menggunakan perabotan dapur di rumah nenek tanpa izin. Nenek itu justru berterima kasih kepada Jambean karena telah berbaik hati menyediakan makanan untuk nenek setiap hari. Jambean mengatakan bahwa tindakannya tersebut merupakan ungkapan terima kasih, karena nenek telah memelihara Jambean dengan baik.
24. Latar tempat dalam cerita tersebut adalah...............
A. rumah
B. istana
C. hutan
D. pasar
25. Tema cerita tersebut adalah.............
A. budi baik dibalas dengan kebaikan pula
B. kepercayaan seorang nenek kepada cucunya
C. kebaikan hati nenek memanjakan keong mas
D. pembalasan budi seorang nenek kepada keong mas
26. Maksud kalimat bercetak miring dalam cerita tersebut adalah............
A. Nenek ingin mengetahui siapa yang telah menyiapkan makanan lezat di rumahnya.
B. Jambean menutupi wujud aslinya dengan cara menjelma menjadi seekor keong mas.
C. Jambean tidak ingin nenek mengetahui bahwa dirinya adalah seorang bidadari yang menjelma menjadi keong mas.
D. Nenek sudah mengetahui bahwa keong mas tersebut adalah seorang gadis cantik yang selalu menyediakannya makanan.
26. Maksud kalimat bercetak miring dalam cerita tersebut adalah............
A. Nenek ingin mengetahui siapa yang telah menyiapkan makanan lezat di rumahnya.
B. Jambean menutupi wujud aslinya dengan cara menjelma menjadi seekor keong mas.
C. Jambean tidak ingin nenek mengetahui bahwa dirinya adalah seorang bidadari yang menjelma menjadi keong mas.
D. Nenek sudah mengetahui bahwa keong mas tersebut adalah seorang gadis cantik yang selalu menyediakannya makanan.
Kunci Jawaban
Dibawah ini adalah 25 kunci jawaban dari soal-soal US bahasa Indonesia diatas sebagai bahan perbandingan atau patokan dengan jawaban yang telah kalian pilih.- A
- C
- D
- D
- C
- A
- B
- B
- A
- A
- A
- A
- A
- D
- B
- A
- C
- B
- D
- B
- C
- C
- C
- A
- A
- A
Download Soal US/USBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD